PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL TINGGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI MAN 3 MEDAN

Sutria, Yuna (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL TINGGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI MAN 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156176039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156176039 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156176039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156176039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156176039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156176039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156176039 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156176039 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156176039 TABLE OFCONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156176039 TABLE OFCONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156176039 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156176039 TABLES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156176039 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156176039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156176039 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156176039 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156176039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156176039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156176039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156176039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176039 BIOLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176039 BIOLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual dan pembelajaran konvensional, menganalisis apakah peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian terdiri dari sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 80 orang. Kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual terdiri atas 40 orang siswa, kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 40 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis yang telah dinyatakan valid. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis menggunakan model problem based learning berbantuan media visual berada pada kategori tinggi dan rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual tinggi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu berada pada kategori sedang. Pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh dari model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual terhadap pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sut p
Keywords: Model problem based learning; Media visual; Konvensional; Pengetahuan konseptual tinggi; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2017 15:48
Last Modified: 26 Jul 2017 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item
View Item