Sutria, Yuna (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL TINGGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DI MAN 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156176039 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 8156176039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
3. NIM 8156176039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 8156176039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM 8156176039 TABLE OFCONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 8156176039 TABLES.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. NIM 8156176039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8156176039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM 8156176039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM 8156176039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8156176039 BIOLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual dan pembelajaran konvensional, menganalisis apakah peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian terdiri dari sebelas kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 2 kelas berjumlah 80 orang. Kelas X MIA-3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual terdiri atas 40 orang siswa, kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri atas 40 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis yang telah dinyatakan valid. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis menggunakan model problem based learning berbantuan media visual berada pada kategori tinggi dan rata-rata peningkatan pengetahuan konseptual tinggi siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran konvensional yaitu berada pada kategori sedang. Pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh dari model pembelajaran problem based learning berbantuan media visual terhadap pengetahuan konseptual tinggi dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sut p |
Keywords: | Model problem based learning; Media visual; Konvensional; Pengetahuan konseptual tinggi; Kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 15:48 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25033 |