Ardamayanti, Dwinda (2017) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KREATIVITAS GERAK TARI SISWA SMP NEGERI 3 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103140011 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 2103140011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 2103140011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 2103140011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM. 2103140011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 2103140011 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 2103140011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 2103140011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM. 2103140011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 2103140011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 2103140011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kreativitas gerak tari siswa SMP Negeri 3 Kisaran Semester 2, T.A 2017/2018. Dalam pembahasan ini menggunakan teori – teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori pengaruh, kreativitas, pembelajaran tari, gerak, metode pembelajaran, dan metode eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah uji t. Uji t digunakan untuk mengetahui kedua variabel memiliki konstribusi yang signifikan. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa SMP Negeri 3 kisaran Semester 2 T.A 2017/2018 , dari subyek ini diambil sampel yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kisaran yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini digunakan pada kelas pretest dan posttest. Dari perolehan data diketahui bahwa kemampuan siswa mengenai pembelajaran tari sebelum diterapkannya metode eksperimen berada dalam kategori cukup dengan nilai rata–rata = 67,85, dan standart devisiasi = 10,54. Kemampuan siswa setelah menggunakan metode eksperimen berada dalam kategori baik dengan nilai rata–rata = 76,25, dan standart devisiasi 10,59. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan data posttest berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,69> 2,00, maka hipotesis nihil ( Ho ) ditolak dan hipotesis alternatif ( Ha ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajran tari menggunakan metode eksperimen berpengaruh yang signifikan terhadap kreativitas gerak tari siswa di SMP Negeri 3 Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 TARI 012 |
Keywords: | Metode Eksperimen; Kreativitas Gerak Tari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25021 |