Tarigan, Cinta Rosalina (2017) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7133141013 COVER.PDF - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. 7133141013 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. 7133141013 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. 7133141013 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (364kB) | Preview
5. 7133141013 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (496kB) | Preview
6. 7133141013 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (482kB) | Preview
7. 7133141013 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. 7133141013 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. 7133141013 BAB I.PDF - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. 7133141013 BAB V.PDF - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. 7133141013 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP N 10 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 402 orang dan sampel berjumlah 110 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan internet dan bimbingan belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal penggunaan internet, 20 soal untuk bimbingan belajar dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi liner berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk Variabel X1, dan X2 dilakukan masing-masing instrument variable hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,873 > 0,334 (rhitung > rtabel ) untuk penggunaan internet dan 0,817 > 0,334 (rhitung > rtabel ) untuk bimbingan belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 13,247 + 0,489 X1 + 0,345 X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,473 (thitung) > 1,659 (ttabel) dan ada pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 5,075>1,659 dan untuk uji F diperoleh Fhitung sebesar 96,889 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5% sebesar 3,08 berarti Fhitung > Ftabel (96,889 > 3,08). Dan R Square penelitian sebesar 0,644 berarti 64,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai salah satu sumber belajar dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP N 10 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 096 |
Keywords: | Penggunaan internet; Bimbingan belajar; Prestasi belajar IPS terpadu |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25015 |