Arifin, Dahris (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD METODE FISIKA GASING DAN PENGUASAAN KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SISWA MTS NEGERI BARUS. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8116176003 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02. NIM 8116176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
03. NIM 8116176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
04. NIM 8116176003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
05. NIM 8116176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
06. NIM 8116176003 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. NIM 8116176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. NIM 8116176003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09. NIM 8116176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM 8116176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8116176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif (STAD) metode fisika gasing dan model pembelajaran Direct Instruction, perbedaan hasil belajar fisika kelompok siswa penguasaan konsep awal rendah dan kelompok siswa penguasaan konsep tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (STAD) metode fisika gasing dan model pembelajaran Direct Instruction, interaksi model pembelajaran kooperatif (STAD) metode fisika gasing dan model pembelajaran Direct Instruction dengan tingkat penguasaan konsep awal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Barus tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD metode gasing dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran langsung (direct instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dalam bentuk essay dan tes kemampuan penguasaan konsep awal dalam bentuk essay yang sudah distandarisasi sehingga valid dan reliabel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini normal dan homogen untuk kedua kelas sampel yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji anova dua jalur penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar fisika siswa model pembelajaran kooperatif tipe STAD metode gasing dibandingkan dengan model pembelajaran langsung serta hasil belajar siswa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan penguasaan konsep awal tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan penguasaan konsep rendah dan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD metode gasing dan model pembelajaran langsung dengan penguasaan konsep dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Ari e |
Keywords: | Kooperatif Tipe STAD Metode Gasing; Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25010 |