Purnama, Dian (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA LARUTAN YANG INOVATIF TERINTERNALISASI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156141004 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 8156141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8156141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8156141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 8156141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8156141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 8156141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 8156141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8156141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM. 8156141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8156141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang ada di MAN 1 Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 7 dan kelas XI MIA 8 MAN 1 Medan. Sampel dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji kelayakan buku ajar kimia yang ada di sekolah berdasarkan standar BSNP, diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,39. Hal ini menunjukkan bahwa buku tersebut sudah cukup layak digunakan, hanya saja perlu direvisi (2) Berdasarkan validasi dari dosen dan guru kimia terhadap pengembangan modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter, modul tersebut sudah sesuai dengan standar BSNP. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata perolehan nilai sebesar 3,75 (3) Berdasarkan validasi rubrik penilaian karakter dalam modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter, nilai- nilai karakter yang ada pada modul berada pada kriteria sangat baik, hal ini ditunjukkan pada nilai rata-rata validasi oleh validator sebesar 4,42 (4) Hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter lebih baik dibandingkan dengan proses pembelajaran menggunakan buku di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari nilai sign < 0,05 yaitu sebesar 0,001 (5) Tumbuh kembang karakter siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,11, sedangkan tumbuh kembang karakter siswa dengan menggunakan buku yang ada di sekolah diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,38. Berdasarkan hasil penelitian, modul kimia larutan yang inovatif terinternalisasi karakter baik digunakan dalam proses pembelajaran pada materi larutan kelas XI SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Pur p |
Keywords: | Modul; Terinternalisasi nilai-nilai karakter siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 08:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25008 |