Syahpitri, Ika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELANJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142022 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7133142022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 7133142022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM 7133142022 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM 7133142022 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 7133142022 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7133142022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 7133142022 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7133142022 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13. NIM 7133142022 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7133142022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning dengan strategi pembelajaran induktif terhadap hasil
belajar akuntansi siswa pada materi persediaan barang dagang kelas XI AK di
SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan
Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 192 orang siswa. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive samplingyang
terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing berjumlah 39
orang sehingga menjadi 78 orang, dari 78 orang siswa diambil dengan teknik
simple random sampling yaitu 60 orang siswa yaitu masing-masing kelas diambil
30 orang. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang
diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang
dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan
model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi induktif lebih tinggi
dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based
Learning. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat
kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel
(2,658 > 1,671), berarti H0 ditolak dan Haditerima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
strategi pembelajaran induktif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/207
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 112 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Strategi Pembelajaran Induktif;Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 14:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24947 |