STUDI KASUS PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DILIHAT DARI JENJANG PENDIDIKAN GURU GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 MEDAN

Nasution, Sabariah (2017) STUDI KASUS PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DILIHAT DARI JENJANG PENDIDIKAN GURU GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3133331022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3133331022 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3133331022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3133331022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3133331022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3133331022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3133331022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3133331022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3133331022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3133331022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3133331022 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3133331022 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3133331022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3133331022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3133331022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3133331022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3133331022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3133331022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3133331022 CHAPTER VI.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3133331022 CHAPTER VI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 3133331022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 3133331022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru di SMA Negeri 1 Medan (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru geografi di SMA Negeri 1 Medan, dan (3) Perbedaan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru geografi di SMA Negeri 1 Medan.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan yang berlokasi di Jl.Teuku Cik Ditiro No. 1 Medan Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia pada tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Geografi yang mengajar di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan sebanyak 2 orang. Mengingat jumlah populasi kecil, maka populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik studi dokumenter serta dokumen data berupa daftar kumpulan nilai (DKN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi dilihat dari jenjang pendidikannya, guru geografi yang mengajar di kelas XI IPS 1 dengan jenjang pendidikan S2 memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan guru geografi yang mengajar di kelas XI IPS 2 dengan jenjang pendidikan S1. Hal ini dapat dilihat dari IPKGI I yaitu dengan skor 95,55>90 dan IPKG II yaitu sebesar 90,83>81,85 (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dengan jenjang pendidikan S2 memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan jenjang pendidikan S1, hal ini ditunjukkan dari DKN yaitu sebesar 84,89>81,85 (3) Perbedaan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Medan. Hal ini dibuktikan dari perolehan thitung>ttabel yaitu 8,3>2,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 GEO 028
Keywords: Kompetensi Pedagogik; Hasil Belajar; Jenjang Pendidikan Guru
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2017 15:46
Last Modified: 21 Jul 2017 09:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24931

Actions (login required)

View Item
View Item