Nasution, Sabariah (2017) STUDI KASUS PERBEDAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS DILIHAT DARI JENJANG PENDIDIKAN GURU GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331022 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 3133331022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
3. NIM. 3133331022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM. 3133331022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM. 3133331022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 3133331022 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3133331022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3133331022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3133331022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
14. NIM. 3133331022 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 3133331022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru di SMA Negeri 1 Medan (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru geografi di SMA Negeri 1 Medan, dan (3) Perbedaan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS dilihat dari jenjang pendidikan guru geografi di SMA Negeri 1 Medan.
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan yang berlokasi di Jl.Teuku Cik Ditiro No. 1 Medan Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia pada tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Geografi yang mengajar di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Medan sebanyak 2 orang. Mengingat jumlah populasi kecil, maka populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik studi dokumenter serta dokumen data berupa daftar kumpulan nilai (DKN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru geografi dilihat dari jenjang pendidikannya, guru geografi yang mengajar di kelas XI IPS 1 dengan jenjang pendidikan S2 memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan guru geografi yang mengajar di kelas XI IPS 2 dengan jenjang pendidikan S1. Hal ini dapat dilihat dari IPKGI I yaitu dengan skor 95,55>90 dan IPKG II yaitu sebesar 90,83>81,85 (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dengan jenjang pendidikan S2 memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dengan jenjang pendidikan S1, hal ini ditunjukkan dari DKN yaitu sebesar 84,89>81,85 (3) Perbedaan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Medan. Hal ini dibuktikan dari perolehan thitung>ttabel yaitu 8,3>2,4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 028 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Hasil Belajar; Jenjang Pendidikan Guru |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 15:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2017 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24931 |