Septiarini, Afifah (2017) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN AFIKS PADA TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2131111002 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 2131111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 2131111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 2131111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 2131111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 2131111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM. 2131111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 2131111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
12. NIM. 2131111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 2131111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan afiksasi yang meliputi: (1) kesalahan penulisan prefiks pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, (2) kesalahan penulisan infiks pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, (3) kesalahan penulisan sufiks pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, (4) kesalahan penulisan konfiks pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, dan (5) kesalahan penulisan simulfiks pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks eksposisi yang ditulis siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung unsur kesalahan penulisan afiksasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah secara mendalam dan terperinci mengenai kesalahan penulisan afiksasi pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan kalimat yang mengandung kesalahan penulisan afiksasi digunakan teknik membaca, mencermati fokus dan konteks, dan mencatat. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrumen kunci dengan menggunakan bantuan tabel analisis kesalahan afiksasi.
Hasil penelitian kesalahan afiksasi pada teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan, yaitu (1) Kesalahan prefiks sebanyak 58 (44,6%) kesalahan, 16 teks dikategorikan sangat baik, 5 teks dikategorikan baik, 2 teks dikategorikan cukup, 2 teks dikategorikan kurang dan 4 teks dikategorikan sangat kurang. (2) Kesalahan infiks tidak ditemukan pada teks eksposisi yang ditulis siswa. (3) Kesalahan sufiks sebanyak 5 (3,8%) kesalahan, 24 teks dikategorikan sangat baik dan 5 teks dikategorikan sangat kurang. Kesalahan sufiks ini sangat jarang ditemukan pada teks eksposisi siswa. (4) Kesalahan konfiks sebanyak 67 (51,5%) kesalahan , 10 teks dikategorikan sangat baik, 13 teks dikategorikan baik, 3 teks dikategorikan cukup dan 3 teks dikategorikan sangat kurang. Kesalahan konfiks ini sangat banyak ditemukan pada teks eksposisi siswa. (5) Kesalahan simulfiks tidak ditemukan pada teks eksposisi yang ditulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 058 |
Keywords: | Analisis; Afiksasi; Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 14:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 07:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24913 |