Purba, Desi Natalia (2017) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DAN HANDOUT PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131010 COVER.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
2. NIM. 4133131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
3. NIM. 4133131010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 4133131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 4133131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 4133131010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 4133131010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 4133131010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 4133131010 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13. NIM. 4133131010 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 4133131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar
siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout, (2)
perbedaan aktivitas hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan
macromedia flash dan handout, dan (3) korelasi antara aktivitas dan hasil belajar
siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan
dengan purposive sampling yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang
berjumlah 60 siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I (77,00 ± 8,05)
sedangkan pada kelas eksperimen II (81,83 ± 7,13). Untuk menarik kesimpulan
maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi
5% (α = 0,05), diperoleh bahwa thitung < -t½α (-2,452 < -2,002) maka Ho ditolak.
Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model PBL
menggunakan macromedia flash dan handout. Sedangkan aktivitas belajar siswa
pada kelas eksperimen I sebesar (78,15 ± 6,10) dan pada kelas eksperimen II
(82,96 ± 5,85). Dengan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05)
menunjukkan bahwa thitung < -t½α (-3,123 < -2,002) maka Ho ditolak. Dengan
demikian ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan model PBL menggunakan
macromedia flash dan handout. Uji korelasi antara aktivitas dan hasil belajar
siswa menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen I rhitung > rtabel (0,625 > 0,361)
dan pada kelas eksperimen II rhitung > rtabel (0,683 > 0,361), maka dapat
disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handou
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 044 |
Keywords: | PBL; macromedia flash; handout; perbedaan; aktivitas; hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 15:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24888 |