Ariyani, Ade (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL LAB TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131001 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4133131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM. 4133131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4133131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4133131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 4133131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 4133131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4133131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 4133131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
13. NIM. 4133131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
14. NIM. 4133131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan aspek kognitif manakah yang paling terkembangkan melalui penerapan model di kelas eksperimen pada materi titrasi asam basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri kawasan Deli Serdang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0,8416. Berdasarkan hasil uji parametrik, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest, dan gain ternormalisasi (N-gain) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 15,56 > 1,6749, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab (84,07 %) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (47,34 %). Aspek kognitif yang paling terkembangkan pada kelas eksperimen yaitu yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab pada materi titrasi asam basa adalah aspek kognitif penerapan (C3) sebesar 93,93 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 029 |
Keywords: | Problem Based Learning; Lesson Study; Virtual Lab; Peningkatan Hasil Belajar; Titrasi Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 15:06 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24866 |