Hutauruk, Yohanes Richardo (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN KARIR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131141131 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7131141131 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM. 7131141131 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4. NIM. 7131141131 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 7131141131 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 7131141131 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 7131141131 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7131141131 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 7131141131 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. NIM. 7131141131 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 7131141131 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan merencanakan karir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan karir dan efikasi diri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 1 Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah seluruh populasi 74 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus croanbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 26.185 + 0.265 X1 + 0.410 X2 + e. Variabel layanan bimbingan karir (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa dengan nilai sigα < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 3.746 > 1.666, dan variabel efikasi diri (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa dengan nilai sigα < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 7.733 > 1.666. Secara bersama-sama layananan bimbingan karir dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa dengan nilai sigα < 0.05 dimana 0.000 < 0.05. Persentase sumbangan layanan bimbingan karir dan efikasi diri terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa sebesar 59.6%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t layanan bimbingan karir dan efikasi diri masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa. Secara uji simultan layanan bimbingan karir dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan merencanakan karir siswa.