Jumini (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TWO STAY TWO STARY (TSTS) DI KELAS V SDN 104214 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
03. ABSTRAK JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
05. DAFTAR ISI JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
07. DAFTAR GRAFIK JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. DAFTAR LAMPIRAN JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
10. BAB I JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
14. BAB V JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA JUMINI (NIM 1133311034).pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Energi dan Perubahannya di kelas Va SD Negeri 104214 Kedai Durian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104214 Kedai Durian . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN Negeri 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian dengan menggunakan angket yang diamati oleh peneliti pada kondisi awal diperoleh motivasi belajar siswa dari 31 siswa terdapat 20 siswa (62%) dengan kategori kurang termotivasi, 7 siswa ( 29%) dikategorikan cukup termotivasi dan 4 siswa (13%) dikategorikan termotivasi. Dan rata-rata kelas kondisi awal yaitu 51. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Starymotivasi belajar siswa dari 31 siswa terdapat 12 siswa ( 29%) dengan kategori belum termotivasi , 10 siswa ( 32%) dengan kategori cukup termotivasi , 9 siswa (39%) dengan kategori Termotivasi dan rata-rata siklus I yaitu 65. Dan pada siklus II dengan signifikan motivasi belajar siswa meningkat 31 siswa terdapat 6 siswa (20%) dengan kategori cukup termotivasi, 26 siswa (77%) dengan kategori Termotivasi dan rata-rata siklus II yaitu 83. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi pada siklus I pertemuan I dengan menggunakan model Two Stay Two Stary diperoleh hasil motivasi belajar siswa dari 31 orang siswa terdapat 16 siswa ( 57%) dikategorikan kurang termotivasi, 14 siswa ( 45%) dikategorikan cukup termotivasi dan 1 siswa ( 3%) termotivasi rata-rata siklus I yaitu 60. Pada siklus I pertemuan II 9 siswa ( 33%) di kategorikan kurang termotivasi, 12 siswa (45%) dengan kategori cukup termotivasi , 6 siswa ( 22%) dengan kategori termotivasi dan rata-rata 71. Dan pada siklus II pertemuan I 5 siswa (16%) cukup termotivasi, 15 siswa ( 38%) termotivasi , 16 siswa ( 52%) dengan kategori sangat termotivasi dengan rata-rata 82. Sedangkan pada siklus II Pertemuan II dengan signifikan motivasi belajar siswa meningkat diperoleh 2 siswa ( 6%) dikategorikan cukup termotivasi , 8 siswa ( 26%) dengan kategori termotivasi dan 21 siswa ( 68%) dengan kategori sangat termotivasi dan rata-rata kelas 89. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stary dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi energi dan perubahannya di kelas V SDN 104214 Kedai Durian T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 197 |
Keywords: | Two stay two stray; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 09:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24839 |