Rajagukguk, Oktavia (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 19 MEDAN TAHUN AJRAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
02. APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
03.PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
04. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
05. TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
06. TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07. ILUSTRASION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar, disiplin belajar dan prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan T.A 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan, 3) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 orang dan sampel sebanyak 59 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus regresi linear berganda, untuk uji hipotesis digunakan rumus uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F), dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y digunakan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan t hitung > t tabel (4,718 > 2,003) dan taraf signifikansi penelitian lebih kecil dari signifikansi α = 0,05 yaitu (0,00<0,05). 2) Ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan t hitung > t tabel (3,734 > 2,003) dan taraf signifikansi penelitian lebih kecil dari signifikansi α = 0,05 yaitu (0,00<0,05). 3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan dengan Fhitung > Ftabel (67,143 > 3,16) dan nilai Sig < α 0,05. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,706 sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 70,6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar kajian penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA N.19 Medan T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 017 |
Keywords: | Motivasi belajar; Disiplin belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 09:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24832 |