Tarigan, Irene Fransisca L. (2012) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SMK DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 065020407 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2. 065020407 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
3. 065020407 - Bab I.pdf - Published Version
Download (890kB) | Preview
4. 065020407 - Bab V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. 065020407 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja mengajar guru, (2). hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja mengajar guru, (3). hubungan antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru. Penelitian dilakukan terhadap guru SMK Negeri di kota Medan, dengan jumlah sampel 60 orang guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan untuk teknik analisis data penelitian digunakan analisis regresi sederhana dan korelasi ganda. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah angket. Uji coba instrument penelitian untuk ketiga instrument adalah menggunakan rumus product moment untuk uji validitas butir dan uji reabilitas instrument penelitian digunakan rumus, alpha cronbach. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) terdapat korelasi positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja mengajar guru dengan koefisient korelasi r,u , = 0,387 dan thhung = 3,196 serta kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru adalah sebesar 14,98 %, (2) terdapat korelasi positif antara komunikasi interpersonal dengankinerja mengajar guru dengan koefisien korelasi = 0,340 dan thug = 2,753serta kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi terhadap kinerja mengajar guru adalah sebesar 11,56 %, dan (3). terdapat korelasi positif antara motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru dengan koefisien R = 0,463 dan Fhttung = 7,783 serta besarnya kontribusi atau sumbangan motivasi berprestasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap kinerja mengajar guru adalah 21,44 %. Kesimpulan ini memberi makna bahwa : (1). semakin tinggi motivasi berprestasi guru, maka semakin tinggi juga kinerja mengajar guru, (2). semakin tinggi dan efektif komunikasi interpersonal guru, maka semakin tinggi kenerja mengajar guru, dan (3). semakin tinggi motivasi berprestasi dan efektif komunikasi interpersonal guru secara bersama-sama maka semakin tinggi pula kinerja mengajar guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.15 Tar h |
Keywords: | Motivasi; Komunikasi; Kinerja Mengajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2483 |