Hutabarat, Anita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MENDA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133142007 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 7133142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. NIM 7133142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM 7133142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7133142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 7133142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 7133142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7133142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7133142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 7133142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7133142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menggunakan Media Audio Visual dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional menggunakan Media Audio Visual pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jalan Jambi Nomor 23D Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 111 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling kemudia diambil secara acak dengan menggunakan teknik undian dimana kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 62,67 dengan standar deviasi = 8,58 dan nilai rata-rata post-test siswa = 83,17 dengan standar deviasi = 7,48. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 61,50 dengan standar deviasi = 10,52 dan nilai posttest siswa = 71,83 dengan standar deviasi = 7,25. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (6,41 > 1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) menggunakan media audio visual lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/ 2017 pada pokok bahasan Harga Pokok Penjualan sistem perpetual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 055 |
Keywords: | Model pembelajaran think pair share (TPS); Media audio visual; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 09:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24829 |