Siahaan, Melinda Giovanny (2017) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI MODEL INQUIRY BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU KELAS VIII SMP SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156142026 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. 8156142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. 8156142026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. 8156142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. 8156142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. 8156142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. 8156142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. 8156142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 8156142026 BAB I.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
13. 8156142026 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. 8156142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan buku penuntun praktikum yang inovatif dibidang pendidikan ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum IPA Terpadu kelas VIII SMP yang inovatif terintegrasi inquiry based learning sesuai kurikulum 2013. Hasil belajar menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan diukur pada akhir penelitian. Penelitian dan pengembangan merupakan penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektifitas produk tersebut, dalam hal ini adalah penuntun praktikum. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap buku yang dipakai sebagai panduan praktikum penerbit A dan B untuk kurikulum 2013 yang beredar di Sumatera Utara pada umumnya, terutama yang ada di kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai oleh 30 orang guru yang mengajar IPA Terpadu, dengan perolehan rata-rata hitung adalah 3,38 untuk penerbit A dan 3,25 untuk rata-rata penerbit B, dengan keterangan cukup valid namun masih memerlukan perbaikan dalam penyajiannya. Hasil analisis tersebut menjadi titik acuan dalam pengembangan penuntun praktikum yang inovatif. Penuntun yang telah dikembangkan dianalisis sesuai dengan standar BSNP oleh 2 orang dosen dan 30 orang guru yang sama, dengan hasil rata-rata hitung adalah 4,93 dengan kriteria sangat valid. Selain itu penilaian integrasi model inquiry based learning juga dilakukan oleh dosen, guru dan siswa yang telah diuji coba secara terbatas mengguakan penuntun inovatif. Adapun hasil rata-rata hitung penilaian adalah 97,5% oleh dosen, 97,49% oleh guru, dan 93,67% oleh siswa dengan kriteria penuntun praktikum sangat bagus digunakan dalam pembelajaran. Uji coba terbatas terhadap hasil belajar siswa dianalisis menggunakan independent t-test, dengan nilai thitung > ttabel (8,18 > 1,708), yang berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Sia p |
Keywords: | Penuntun Praktikum; Penelitian dan Pengembangan; IPA Terpadu; Inquiry Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 14:30 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24814 |