Pohan, Dahrim (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136175003 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8136175003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 8136175003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 8136175003 PREFACE .pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 8136175003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM. 8136175003 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8136175003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 8136175003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8136175003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM. 8136175003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 8136175003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara kuasi eksperimen ini menggunakan siswa SMP N 6 sebagai populasi dan memilih sampel kelas VII-K dan VII-J secara cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes essay untuk keterampilan proses sains serta tes pilihan berganda untuk tes kemampuan berpikir logis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, Keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata dan Ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Poh e |
Keywords: | Inquiry training; Logical thinking ability; Skill of science process |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2017 13:29 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24808 |