Sibarani, Maria Ruth Febriani (2017) PEGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM “AISYAH BIARKAN KAMI BERSAUDARA” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 2123311047 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2 NIM 2123311047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (891kB) | Preview
3 NIM 2123311047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4 NIM 2123311047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 NIM 2123311047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6 NIM 2123311047 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7 NIM 2123311047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
8 NIM 2123311047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
12 NIM 2123311047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13 NIM 2123311047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film “aisyah biarkan kami bersaudara” terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan Jumlah siswa 152 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling (acak kelas), terpilih satu kelas dengan jumlah siswa 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grup pre-test- and post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan menulis sebuah karangan narasi. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 65 dan standar deviasi adalah 8,88. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 76,4 dan standar deviasi adalah 8,96. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan media film (pre-test) dan setelah penerapan media film (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,33, selaanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk= n-1=37. Pada tabel t dengan dk=37 diperoleh ttabel=2,026. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika thitung > ttabel yaitu 3,33 > 2,026, maka dapat dinyatakan Ho (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menulis dengan menggunakan media film berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 049 |
Keywords: | Media film; Menulis; Karangan narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:05 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24784 |