Rizki, Mutiara (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PELAJARAN IPS DI KELAS VB SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
03. ABSTRAK MUTIARA RIZKI ( NIM 1133111045).pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
05.DAFTAR ISI MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
06.DAFTAR TABEL MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07.DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
08.DAFTAR LAMPIRAN MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
09. BAB I MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. BAB V MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA MUTIARA RIZKI (NIM.1133111045).pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II setiap siklusnya terdiri 2 pertemuan dimana pada tiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i VB SD Negeri 101774 Sampali sebanyak 36 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru, dan angket. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Pada awal penelitian dilakukan Siklus I Pertemuan I persentase dengan kriteria motivasi rendah sebanyak 19 siswa atau sebesar 52,78 % dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki criteria motivasi sedang sebanyak 14 orang atau 38,89 dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki criteria motivasi tinggi sebanyak 3 orang atau 8,33% dari 36 siswa dan siswa yang memiliki criteria motivasi sangat tinggi tidak ada sama sekali atau 0%. Siklus I Pertemuan 2 persentase dengan kriteria motivasi rendah sebanyak 13 siswa atau 36,11% dari 36 siswa, siswa yang memiliki criteria motivasi sedang sebanyak 10 orang atau 27,78% dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki criteria motivasi tinggi sebanyak 9 orang atau 25% dari 36 siswa dan siswa yang memiliki criteria motivasi sangat tinggi sebanyak 4 orang atau 11,11%. Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa kriteria rendah sebanyak 4 orang atau sebesar 11,11% dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki kriteria motivasi sedang sebanyak 7 orang siswa atau 19,44% dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 19 orang siswa atau 52,78% dari 36 orang siswa, dan siswa yang memiliki kriteria motivasi sangat tinggi sebanyak 6 orang siswa atau 16,67% dari 36 orang siswa, Pada siklus II Pertemuan 2 motivasi dengan kriteria rendah sebanyak 2 orang atau sebesar 5,56% dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki kriteria motivasi sedang sebanyak 2 orang siswa atau 5,56% dari 36 orang siswa, siswa yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 22 orang siswa atau 61,11% dari 36 orang siswa, dan siswa yang memiliki kriteria motivasi sangat tinggi sebanyak 10 orang siswa atau 27,77% dari 36 orang siswa. Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran IPS Materi Pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional di kelas VB SD Negeri 101774 Sampali T.A 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 170 |
Keywords: | Motivasi belajar; Model pembelajaran; Pelajaran IPS; Materi pelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 03:56 |
Last Modified: | 19 Jun 2017 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24782 |