Zaky, Irfan Mahyaruddin (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 105855 PTPN II TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111015_COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 1131111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3. NIM. 1131111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1131111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 1131111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1131111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 1131111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM. 1131111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1131111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
13. NIM. 1131111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 1131111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media Audio dalam pembelajaran menyimak cerita siswa kelas V. Dari tujuan tersebut dapat diketahui apakah hasil belajar siswa meningkat atau tidak dengan menggunakan media audio. Apabila diketahui meningkat maka dapat disimpulkan bahwa media audio sangat berpengaruh pada pembelajaran menyimak cerita. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri 105855 PTPN II Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 yang berjumlah 108 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dengan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Pada uji normalitas data pretest dengan ketentuan Lhitung < Ltabel = 0,1394 < 0,1476 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol = 0,1180 < 0,1476 sehingga dapat dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Pada uji normalitas data postest diketahui Lhitung < Ltabel = 0,1288 < 0,1476 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol = 0,1386 < 0,1476 sehingga disimpulkan data berdistribusi normal. Pada Pengujian Homogenitas data pretest diketahui dengan ketentuan Fhitung < Ftabel = 1,061 < 1,720, dan homogenitas data postest = 1,320 < 1,720 sehingga dapat ditarik kesimpulan kedua kelompok data memiliki varians yang sama. Kemudian dilakukan Uji-t dengan taraf signifikan 5% yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan media audio pada mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 105855 PTPN II Tanjung Morawa T.P. 2016/2017 dengan thitung > ttabel = (2,604 > 1,997). Maka dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 105855 PTPN II Tanjung Morawa T.P. 2016/2017. Sesuai dengan simpulan di atas maka disarankan guru dan calon guru untuk dapat menggunakan media audio sebagai salah satu media pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia di SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 169 |
Keywords: | Media audio; Keterampilan menyimak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 08:05 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24778 |