Purba, Novita Sari (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111011_COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM. 1132111011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM. 1132111011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 1132111011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 1132111011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 1132111011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1132111011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1132111011_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 1132111011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
10. NIM. 1132111011_BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
14. NIM. 1132111011_BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
15. NIM. 1132111011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada
pembelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan
menggunakan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa pada pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di
kelas IVA SDN 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 38 orang, yang
terdiri dari 19 orang laki-laki, dan 19 orang perempuan. Sementara objek
penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Treffinger untuk
meningkatkan motivasi belajar PKn dengan materi pokok Lembaga-Lembaga
Negara.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan teknis pengumpulan data adalah angket motivasi siswa dan observasi
terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan model Treffinger dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di kelas IVA SDN
101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.
Dari hasil angket yang diberikan kepada 38 siswa diperoleh hasil dari
siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger diperoleh rata-rata
kelas 42,10% dengan jumlah 2 orang siswa yang motivasi belajarnya tergolong
sangat rendah dengan persentase 5,3%, siswa yang motivasi belajarnya tergolong
rendah sebanyak 20 orang siswa dengan persentase 52,6%, siswa yang motivasi
belajarnya tergolong sedang sebanyak 16 orang dengan persentase 42,1% dan
tidak ada siswa yang motivasi belajarnya tergolong tinggi. Pada siklus II diperoleh
rata-rata kelas 68,42% dengan jumlah 12 orang siswa yang motivasi belajarnya
tergolong rendah dengan persentase 31,6%, siswa yang motivasi belajarnya
tergolong sedang sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 60,5%, dan sudah
ada siswa yang memiliki motivasi belajarnya tergolong tinggi yaitu sebanyak 3
orang siswa dengan persentase 8%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh
bahwa motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung
menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal tersebut dapat dilihat secara
klasikal pada siklus I dengan skor rata-rata 55,59% meningkat menjadi 83,99%
pada siklus II. Dan juga secara individual telah mengalami peningkatan
berdasarkan persentase setiap indicator motivasinya dengan skor rata-rata pada
siklus I sebesar 38,59% meningkat menjadi 91,66% pada siklus II.
Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan
model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga-Lembaga Negara di kelas IVA SDN
101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 165 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Trenffinger, PKn |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers J Political Science > JC Political theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 03:21 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24765 |