PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PAB SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Fadilah, Nina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PAB SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM  8126172028 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 8126172028 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM  8126172028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 8126172028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM  8126172028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 8126172028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM  8126172028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 8126172028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM  8126172028 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 8126172028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM  8126172028 TABEL.pdf]
Preview
Text
06. NIM 8126172028 TABEL.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM  8126172028 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM 8126172028 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM  8126172028 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
08. NIM 8126172028 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM  8126172028 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8126172028 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8126172028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8126172028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM PAB Saentis. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK BM PAB dengan mengambil kelas XI sebagai sampel melalui teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji anava dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran Problem Solving dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 9 Fad p
Keywords: Model pembelajaran; Problem solving; Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Jun 2017 03:53
Last Modified: 13 Jun 2017 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24729

Actions (login required)

View Item
View Item