Fadilah, Nina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PAB SAENTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8126172028 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM 8126172028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
03. NIM 8126172028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
04. NIM 8126172028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM 8126172028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
06. NIM 8126172028 TABEL.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
07. NIM 8126172028 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
08. NIM 8126172028 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
12. NIM 8126172028 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 8126172028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) mengetahui apakah terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM PAB Saentis. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK BM PAB dengan mengambil kelas XI sebagai sampel melalui teknik pengambilan sampel secara acak. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji anava dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (2) terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar. Temuan penelitian merekomendasikan model pembelajaran Problem Solving dijadikan salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 9 Fad p |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem solving; Kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jun 2017 03:53 |
Last Modified: | 13 Jun 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24729 |