PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK. AL-IKHLAS KECAMATAN BINTANG BAYU KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2014/2015

Ramadhani, Nining (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK. AL-IKHLAS KECAMATAN BINTANG BAYU KAB. SERDANG BEDAGAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of NIM 1113113025 Nining Ramadhani - BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 1113113025 Nining Ramadhani - BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “ apakah ada pengaruh model
pembelajaran Number Heads together (NHT) terhadap perilaku sosial anak usia 5-
6 tahun di Tk Al-Ikhlas Kec. Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk. Al- Ikhlas
Kecamatan Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah
penelitian post test only control design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap perilaku
sosial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan menggunakan satu sekolah
dengan dua kelas yaitu kelas pertama yaitu kelas eksperimen yang menggunakan
model pembelajaran Number Heads Together (NHT) dan kelas ke dua dengan
kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 anak yang terbagi kedalam dua kelas
yakni kelas B1 sebanyak 20 anak yang merupakan kelas eksperimen dan Kelas B2
sebanyak 20 anak yang merupakan kelas kontrol. Penentuan sampel sekolah
dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20
anak.Variabel bebas adalah model pembelajaran Number Heads Together (NHT)
sedangkan variabel terikat adalah perilaku sosial. Intrumen pengumpulan data
yaitu pedoman observasi dengan empat criteria yaitu baik sekali, baik, cukup, dan
kurang. Analisis data mengunakan uji-t, dan observasi dilakukan pengobservasi
dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen 2,52 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga perilaku
sosial anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan.
Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 1,76 dengan nilai tertinggi 11 dan
nilai terendah 7, sehingga perilaku sosial anak pada kelas kontrol memperoleh
perbedaan yang signifikan. Pada kelas eksperimen anak yang mendapat nilai baik
sekali (BS) sebanyak 80 % ( sebanyak 16 orang anak), Sedangkan yang mendapat
nilai baik (B) sekitar 20 % ( sebanyak 4 orang anak), anak yang mendapat nilai
Cukup (C) dan kurang (K) mendapat 0 %. Pada kelas kontrol anak yang mendapat
nilai baik sekali (BS) sebanyak 0 %, Sedangkan yang mendapat nilai baik (B)
sekitar 90 % ( sebanyak 18 orang anak), anak yang mendapat nilai Cukup (C)
sekitar 10 % ( sebanyak 2 orang anak) dan anak yang mendapat nilai kurang (K)
mendapat 0 %. Dari data di atas terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Pada kelas eksperimen terdapat rata-rata anak sebanyak 2,52 yang
termasuk kedalam kategori baik sekali (BS) sedangkan pada kelas kontrol
memiliki rata-rata sebesar 1,76 yang termasuk kedalam kategori cukup (C).
Berdasarkan hasil tersebut uji normalitas menyatakan Lhitung < Ltabel; atau 0,121<
0,190 maka data perilaku sosial anak untuk kelompok eksperimen berdistribusi
normal, sedangkan uji homogenitas menyatakan Fhitung < Ftabel; (1,07415 < 2,296)
maka varians data perilaku sosial anak kedua kelompok hasil penelitian berasal
dari populasi yang homogeny, serta hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berpengaruh
ii
secara signifikan terhadap perilaku sosial anak yaitu dari hasil uji hipotesis
diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,412 > 1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan
demikian model pembelajaran Number Heads Together (NHT) berperngaruh
secara signifikan terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di Tk. Al- Ikhlas
Kecamatan Bintang Bayu Kab. Serdang Bedagai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 PAUD 009
Keywords: Prilaku Sosial, PAUD, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:23
Last Modified: 08 Jun 2017 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24684

Actions (login required)

View Item
View Item