Maleni (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV MIS AL-HIDAYAH NAGA KISAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111019 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM. 1131111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 1131111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 1131111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1131111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1131111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM. 1131111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 1131111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 1131111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1131111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. NIM. 1131111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MIS AL-Hidayah Naga Kisar, dengan jenis
penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV yang berjumlah 20 laki-laki dan 14 perempuan, sedangkan objek
dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Index Card Match Tahun Ajaran
2016/2017.
Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas
yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya motivasi belajar siswa
khususnya pada materi Gaya, serta kurangnya media dalam pembelajaran yang
dilaksanakan guru pada siswa di kelas ini serta guru kurang bervariasi
menggunakan metode dan kurangnya minat belajar siwa pada pelajaran IPA.
Pelaksanaan PTK dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan angket, diberikan sebanyak 25 pertanyaan
berbentuk daftar checklist. Angket diberikan sebanyak 2 kali yaitu siklus I dan
siklus II. Sedangkan observasi dilakukan untuk melihat kondisi awal serta melihat
aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian dari jumlah 34 siswa menunjukkan pada saat kondisi awal
sebelum dilakukan tindakan diperoleh tidak ada siswa yang memiliki motivasi
tinggi, 8 orang siswa memiliki motivasi kurang dengan persentase sebesar (23%).
22 siswa memiliki motivasi cukup baik dengan persentase (65%), 4 orang siswa
memiliki motivasi baik (12%) dan dengan nilai rata-rata klasikal siswa yaitu
sebesar (50,74). Kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan
menggunakan model Index Card Match dari 34 siswa sebesar 8 siswa memiliki
motivasi belajar yang cukup baik dengan persentase sebesar (23,52%), 24 siswa
memiliki motivasi belajar baik dengan persentase sebesar (70,58%), 2 orang siswa
(5,88%) memiliki motivasi sangat baik dan dengan nilai rata-rata klasikal siswa
yaitu sebesar 70,04. Pada siklus II diperoleh 8 orang siswa memiliki motivasi
belajar baik dengan persentase (23,52%), 26 orang siswa memiliki motivasi
belajar sangat baik dengan persentase (76,47%). dan dengan nilai rata-rata
klasikal siswa yaitu sebesar (84,01). Jadi dapat dikatakan pada siklus II motivasi
belajar siswa meningkat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
materi pokok gaya di kelas IV MIS AL-Hidayah Naga Kisar Tahun Ajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 154 |
Keywords: | Motivasi, Model Pembelajaran, IPA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 03:13 |
Last Modified: | 19 May 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24598 |