Siregar, Herwinda Sari (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA SALSA CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111029 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2. NIM. 113311129 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.1133111029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM.1133111029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM.1133111029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM.1133111029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM.1133111029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. NIM.1133111029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM.1133111029 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM. 1133111029 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14. NIM. 1133111029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa dengan menggunakan metode The Power Of Two dengan metode
ceramah pada mata pelajaran pelajaran IPS di kelas IV SD Swasta Salsa Cinta
Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Swasta Salsa Cinta Rakyat pada semester genap Tahun Ajaran
2016/2017. Populasi merupakan seluruh siswa kelas IV SD Swasta Salsa Cinta
Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 53 orang. Sampel terdiri dari 2
kelas yaitu kelas IV A 25 siswa dan IV B 28 siswa. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali
yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode The Power Of Two dan metode ceramah berdistribusi
normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,090) < Ltabel (0,173) dan untuk kelas
eksperimen II Lo (0,116) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan
Fhitung < Ftabel = 1,04 < 1,91 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel
= 3,378 > 2,010. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPS menggunakan
metode The Power Of Two dengan metode ceramah .
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas IV A yang diajar
menggunakan metode The Power Of Two dengan kelas IV B yang diajar
menggunakan metode ceramah di kelas IV SD Swasta Salsa Cinta Rakyat Tahun
Ajaran 2016/2017. Dengan demikian hipotesis yang diambil adalah : “Ada
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode The Power Of Two
dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD
Swasta Salsa Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 158 |
Keywords: | Metode The Power Of Two, Metode ceramah, Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 May 2017 03:06 |
Last Modified: | 19 May 2017 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24596 |