Aulia, Garin Akbar (2017) HUBUNGAN PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2133311069 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 2133311069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
3. NIM. 2133311069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 2133311069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
5. NIM. 2133311069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM. 2133311069 TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM. 2133311069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 2133311069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
12. NIM. 2133311069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 2133311069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman struktur
dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas x sma
negeri 4 medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan
tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 490
orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah
ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data
pemahaman struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks anekdot
siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 40 soal dan essay tes
yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan
pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data
berdistribusi normal.
Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf
signifikan . Hasil uji normalitas untuk data pemahaman struktur (0.0968< 0.1568 )
ciri kebahasaan (0.1193 < 0.1568) dan kemampuan menulis teks anekdot (0.1520
< 0.1568). Hasil uji kelinieran kemampuan menulis teks anekdot (Y) atas
pemahaman struktur (X1) Fhitung < Ftabel (0,66 < 2,63) dan uji keberartian regresi
Fhitung > Ftabel (4,32 > 4,18) maka Ŷ = 57,22 + 0,21 X1 linear dan berarti, dan
kemampuan menulis teks anekdot (Y) atas pemahaman ciri kebahasaan (X2) Fhitung
< Ftabel (0.11 < 2.74) dan uji keberartian regresi Fhitung > Ftabel(4,72 > 4,17) maka Y
= 72.39 + 0.67 X2 linear dan berarti.
Sedangkan hasil korelasi antar variabel menunjukkan bahwa hubungan
pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks anekdot memiliki
koefesien determinan korelasi ganda sebesar 69,39%, hubungan pemahaman ciri
kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot memiliki koefesien
determinan korelasi ganda sebesar 22,37% dan hubungan pemahaman struktur,
dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot memiliki
koefesien determinan korelasi ganda sebesar 33,99%. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman
struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks anekdot oleh
siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 045 |
Keywords: | Teks Anekdot, Pemahaman Struktur, Ciri Kebahasaan, dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR767 By period |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 May 2017 08:28 |
Last Modified: | 17 May 2017 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24574 |