PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP NEGERI 5 MEDAN

Fadli, Veri Pramudia (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8146172070 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8146172070 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8146172070 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8146172070 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8146172070 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8146172070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8146172070 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8146172070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8146172070 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8146172070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8145172070 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8145172070 TABLES.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8146272070 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8146272070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8146172070 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8146172070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8146272070 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8146272070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8146172070 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8146172070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri; (2) Perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri; (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas VIII (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam dan uji homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Perbedaan disposisi antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan realistik secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Fad p
Keywords: Pendekatan realistik; Pendekatan inkuiri; Kemampuan pemahaman konsep matematis; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 03:40
Last Modified: 20 Dec 2018 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item
View Item