Fadli, Veri Pramudia (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8146172070 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. 8146172070 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. 8146172070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. 8146172070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. 8146172070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. 8145172070 TABLES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. 8146272070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. 8146172070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
12. 8146272070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. 8146172070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri; (2) Perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri; (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas VIII (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam dan uji homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pendekatan realistik secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang diberi pendekatan inkuiri, (2) Perbedaan disposisi antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan realistik secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri, (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan realistik lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan inkuiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Fad p |
Keywords: | Pendekatan realistik; Pendekatan inkuiri; Kemampuan pemahaman konsep matematis; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 May 2017 03:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24510 |