Simamora, Riris Pesta Uli (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146171073 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8146171073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM 8146171073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 8146171073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
5. NIM 8146171073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
6. NIM 8146171073 TABLES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM 8146171073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8146171073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
12. NIM 8146171073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM 8146171073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan: (1) kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. (2) kemampuan self-efficacy antara siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. (3) Proses jawaban siswa dalam penerapan pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Berbantuan Autograph di SMA Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan desain Pretes-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen-1 diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph dan kelas eksperimen-2 diberi perlakuan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis, angket skala self-efficacy siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,89 dan 0,92 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa terhadap matematika. Analisis data dilakukan melalui analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah perbedaan: komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa terhadap matematika yang diajar melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph berbeda dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: Proses jawaban siswa yang diajar melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph berbeda dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Autograph dengan siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran matematika yang inovatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa terhadap matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sim p |
Keywords: | Pendekatan matematika realistik; Pembelajaran berbasis masalah; Autograph; Kemampuan komunikasi matematis; Self-efficacy siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 06:56 |
Last Modified: | 04 May 2017 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24502 |