Husna, Asmaul (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) DI SMA NEGERI 1 TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146171010 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2 NIM. 8146171010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3 NIM. 8146171010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4 NIM. 8146171010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM. 8146171010 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6 NIM. 8146171010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7 NIM. 8146171010 LIST OF ILUSTRATION(1).pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8 NIM. 8146171010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
12 NIM. 8146171010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13 NIM. 8146171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan Penalaran Matematis siswa yang diberi PBL dan IBL, (2) Perbedaan peningkatan Habit of mind siswa yang diberi PBL dan IBL, (3) Interaksi antara model (PBL dan IBL) dengan kemampuan awal matematika (KAM) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, (4) Interaksi antara model (PBL dan IBL) dengan kemampuan awal matematika (KAM) dalam meningkatkan Habit of mind siswa, (5) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah penalaran matematis setelah proses pembelajaran PBL dan IBL. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takengon. Dan sampel penelitian ini adalah kelas XI-3 dan XI-4. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan Penalaran matematis antara siswa yang diberi PBL dan IBL. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=0.219 lebih kecil dari F_tabel=3.962, dengan selisih kecil antara konstanta persamaan regresi untuk IBL yaitu 51.667 lebih besar dari PBL yaitu 50.022. (2) Terdapat perbedaan peningkatan habit of mind antara siswa yang diberi PBL dan IBL. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk F_hitung=7.015 lebih besar dari F_tabel=3.962. Konstanta persamaan regresi untuk PBL yaitu 23.361 lebih besar dari IBL yaitu 4.554. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Penalaran matematis. (4). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan habits of mind. (5) Proses penyelesaian jawaban siswa kemampuan penalaran matematis yang diberi model PBL lebih baik dibandingkan dengan model IBL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Hus p |
Keywords: | Penalaran matematis; Habit of mind; Problem based learning (PBL); Inquiry based learning (IBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 May 2017 03:39 |
Last Modified: | 04 May 2017 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24490 |