Giawa, Agus Kurniazenvita (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176002 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 8156176002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM. 8156176002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 8156176002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 8156176002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 8156176002. TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 8156176002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM. 8156176002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 8156176002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM. 8156176002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM. 8156176002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan pengajaran langsung; perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan rendah; interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretest-Postest Design. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil analisis data hasil belajar antara kelompok eksperimen dan control dihasilkan Fhitung= 10,058 dengan sig. 0,002; tingkat sikap ilmiah Fhitung=104,028 dengan sig. 0,000; interaksi model dengan tingkat sikap ilmiah Fhitung=4,065 dengan sig. 0,049. Karena signifikansinya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan penerapan pengajaran langsung; hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Gia e |
Keywords: | Model pembelajaran; Group investigation; Sikap ilmiah; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 10:11 |
Last Modified: | 03 May 2017 10:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24483 |