Veryawan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL FADNUR AISYAH MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181035 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8156181035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 8156181035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
4. NIM. 8156181035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8156181035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8156181035 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8156181035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156181035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8156181035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 8156181035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
14. NIM. 8156181035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berhitung anak yang belajar dengan model pembelajaran Make a match dan model pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan kemampuan berhitung anak yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah dan (3) Interaksi antara model pembelajaran Make a match dengan minat belajar anak terhadap kemampuan berhitung anak. Populasi penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Fadnur Aisyah Medan. Teknik penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 15 anak didik. Teknik pengumpulan data dengan instrumen berupa tes data kemampuan berhitung dan instrumen untuk data minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata kemampuan berhitung anak yang belajar dengan model pembelajaran make a match adalah (X ) ̅= 28,1 lebih tinggi dari pada kemampuan anak yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori adalah X ̅ = 26,8 dengan Fhitung = 5,4 > Ftabel = 2,48 (2) rata-rata kemampuan berhitung anak dengan minat belajar tinggi adalah X ̅ = 29,8 lebih tinggi dari pada kemampuan berhitung anak dengan minat belajar rendah adalah X ̅ = 25,3 dengan Fhitung = 15,1 > Ftabel = 2,48 dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berhitung anak dengan Fhitung = 5,7 > Ftabel = 2,48.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Ver p |
Keywords: | Make a match; Minat belajar; Kemampuan berhitung |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 10:06 |
Last Modified: | 03 May 2017 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24482 |