Pasaribu, Eva (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PPKN DI KELAS VIII SMP N 1 TANAH JAWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181006 COVER.PDF - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. NIM. 8156181006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
3. NIM. 8156181006 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 8156181006 PREFACE.PDF - Published Version
Download (231kB) | Preview
5. NIM. 8156181006 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 8156181006 TABLES.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 8156181006 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM. 8156181006 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 8156181006 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (636kB) | Preview
13. NIM. 8156181006 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8156181006 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh model pembelajaran make a match dan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar PPKN siswa, (2) Pengaruh tingkat kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar PPKN siswa, (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan tingkat kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKN siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Tanah Jawa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling class sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif make a match dan kelas control diberi perlakuan model pembelajaran two stay two stray. Instrument yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar PPKN, dan lembar angket kecerdasan interpersonal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dalam materi pelajaran yang sama yaitu diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80,667 atau berbeda sebesar 13 %. Siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi memperoleh hasil belajar lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah dalam materi pelajaran yang sama. Rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi 74,15 lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah 62,11 atau berbeda sebesar 12 %. Terdapat interaksi antara kedua model antara kedua model pembelajaran kooperatif dan tingkat kecerdasan interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PPKN siswa. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa model pembelajaran kooperatif make a match merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar PPKN siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Pas p |
Keywords: | Hasil belajar; Kecerdasan interpersonal; Make a match; Two stay two stray |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 10:01 |
Last Modified: | 03 May 2017 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24481 |