Ginting, Iskandar Dinata (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOLOGI DI MAN KABANJAHE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174021. COVER.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIM. 8146174021. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM. 8146174021. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 8146174021. PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM. 8146174021. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6. NIM. 8146174021. TABLE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8146174021. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8146174021. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.8146174021. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
13. NIM.8146174021. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
14. NIM.8146174021. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap : (1) keterampilan proses sains, (2) sikap ilmiah dan (3) hasil belajar siswa pada materi ekologi di kelas X di MAN Kabanjahe. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik clutser random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning, kelas B dengan strategi pembelajaran Group Investigation, sedangkan kelas C (Kontrol) dengan strategi pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian lembar observasi keterampilan proses sains angket sikap ilmiah, dan tes hasil belajar dalam bentuk essay tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 24.0
Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (F = 9,229; P = 0,000). Keterampilan Proses Sains Siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning (PBL) (89,23 ± 5.001) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Group Investigation (GI) (88,31 ± 4.368) maupun strategi konvensional (84,46 ± 3,625); (2) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F = 41,383; P = 0,000). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning (PBL) (91,29 ± 3,426) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Group Investigation (GI) (88,00 ± 5,581) maupun strategi konvensional (81,85 ± 2,344); (3) ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (F = 25,005; P = 0,000). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning (PBL) (90,26 ± 4,039) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Group Investigation (GI) (88,28 ± 3,731) maupun strategi konvensional (83,96 ± 2,010). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Gin p |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Hasil belajar; Strategi problem based learning; Group investigation; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 09:27 |
Last Modified: | 03 May 2017 09:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24476 |