Hajar, Yuni (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MAN 2 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2131111060 Cover .pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 Nim 2131111060 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
3 Nim 2131111060 Abstract.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4 Nim 2131111060 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5 Nim 2131111060 Table of Content.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6 Nim 2131111060 Table.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 Nim 2131111060 Illustration.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 Nim 2131111060 Appendices.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9 Nim 2131111060 Chapter I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13 Nim 2131111060 Chapter V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 Nim 2131111060 References.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 342 orang dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 40 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dengan cara mengambil subjek secara acak dan terpilih kelas XI Agama-2 sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test desain. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test 63,9, standar deviasi 9,3, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 70 sebanyak 10 siswa atau sekitar 25%. Nilai rata-rata post-test 81,1, standar deviasi , dan penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 85 sebanyak 8 siswa atau sekitar 20%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t_(o )sebesar 12,242. Selanjutnyat_o dikonsultasikan dengan t_(tabel ), pada taraf signifikan 5% = 1,68 , karena t_o yang diperoleh lebih besar dari t_tabel yaitu 12,242>1,68, makaH_o(Hipotesis nihil) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima.
Berdasarkan anailisis data di atas dapat disimpulkan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 037 |
Keywords: | Pendekatan saintifik menulis; Teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 May 2017 08:12 |
Last Modified: | 03 May 2017 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24462 |