Fahira, Rifna (2017) UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD NEGERI 025281 BINJAI UTARA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1131111033 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 1131111033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (873kB) | Preview
3. NIM 1131111033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM 1131111033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM 1131111033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 1131111033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7. NIM 1131111033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
8. NIM 1131111033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
13. NIM 1131111033 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 1131111033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keatifitas belajar siswa
dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas V-B SD
Negeri 025281 Binjai Utara T.A 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 025281 Binjai Utara
T.A 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan
20 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana
setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus terdapat 4 kali
pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Sebelum
dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses
pembelajaran awal siswa bertujuan untuk mengetahui kreatifitas belajar siswa dan
kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
dari 37 siswa kelas V-B, nilai klasikal kreatifitas pada siklus I pertemuan I
diperoleh 9 orang siswa atau sekitar 24,32% dengan kategori kreatif dan 28 orang
siswa atau sekitar 75,67% dengan kategori tidak kreatif. Pada siklus I pertemuan
II meningkat diperoleh 15 orang siswa atau sekitar 40,54% dengan kategori
kreatif dan 22 orang siswa atau sekitar 59,45% dengan kategori tidak kreatif.
Siklus II pada pertemuan I diperoleh 25 orang siswa atau sekitar 67,56% dengan
kategori kreatif dan 12 orang siswa atau sekitar 32,43% dengan kategori tidak
kreatif. Dan siklus II pertemuan II mengalami peningkatan dengan diperoleh 31
orang siswa atau sekitar 83,78% dengan kategori kreatif dan 6 orang siswa atau
sekitar 16,21% dengan kategori tidak kreatif. Hasil angket Siklus I diperoleh 25
orang siswa atau sekitar 67,56% dan mengalami peningkatan di Siklus II dengan
33 orang siswa atau sekitar 89,18%. Penilaian pada peneliti yang dilakukan oleh
guru kelas V pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 68% termasuk kategori baik
dan dan mengalami peningkatan di siklus II dengan nilai rata-ratanya adalah 88%
termasuk kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian, tindakan dan analisis data yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat
meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam pembelajaran pada tema Organ
Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V-B SDN 025281 Binjai Utara T.A
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 131 |
Keywords: | Kreatifitas Anak, Saintifik, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:55 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24441 |