Danur, Dessy Wulandary (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A. 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111013_COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 1133111013_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM. 1133111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 1133111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 1133111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1133111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 1133111013_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 1133111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 1133111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 1133111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 1133111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran IPA materi
pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari
dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti
melakukan observasi terhadap siswa kelas III-B SDN 104204 Sambirejo Timur dan
memberikan lembar angket motivasi belajar kepada siswa untuk mengetahui kondisi
awal (pratindakan).
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada kondisi awal
menunjukkan bahwa jumlah siswa yang termotivasi dalam belajar yaitu sebanyak 3
orang atau (13.04%) dengan nilai rata-rata kelas 36.9, siklus I siswa yang termotivasi
sebanyak 11 orang atau (47.82%) dengan nilai rata-rata kelas 63.2, dan pada siklus II
siswa yang termotivasi belajar sebanyak 21 orang atau (91.30%) dengan nilai ratarata
kelas 86.84. Peningkatan motivasi ini dibarengi dengan penggunaan model
pembelajaran Card Sort pada materi pokok gerak benda di siklus I dan dilakukan
perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur
T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 134 |
Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Cord Sort |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 08:07 |
Last Modified: | 02 May 2017 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24428 |