Chintami, Ridha Putri (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS III SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133311072 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 1133311072 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 1133311072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM 1133311072 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 1133311072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
5. NIM 1133311072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 1133311072 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 1133311072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM 1133311072 BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM 1133311072 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 1133311072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa
dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read,
Reflect, Recite and Review). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD
Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 23 orang yang
terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir
siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan
membaca siswa.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca siswa
pada siklus I adalah 64,60 atau tingkat kemampuan membaca siswa termasuk
dalam kriteria tidak mampu dengan 15 (65,22%) dari keseluruhan siswa telah
mampu dalam membaca dan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca
siswa adalah 78,30 atau tingkat kemapuan membaca siswa termasuk dalam
kriteria mampu dengan 21 (91,30%) dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai ratarata
kemampuan membaca siswa pada test isian siklus II dapat disimpulkan
bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan. Selain itu, dari hasil
pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran PQ4R
(Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terlaksana dengan baik.
Diperoleh hasil pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria tingkat mampu
dalam kemampuan membaca siswa sebanyak 7 siswa yang secara klasikal sebesar
30,43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang secara
klasikal sebesar 86,96%.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R
(Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan
kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 141 |
Keywords: | Kemampuan Membaca, Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review), PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 02 May 2017 05:34 |
Last Modified: | 02 May 2017 05:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24421 |