Sari, Inda Mutia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 5112131007 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 06 TABEL LIST.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 08 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
NIM. 5112131007 - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran perekayasaan sistem audio materi pokok penguat daya audio (power amplifier) di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P. 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimental dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV sebanyak 2 kelas atau total unit populasi yaitu kelas eksperimen diajarkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas kontrol diajarkan model pembelajaran langsung (direct instructional). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 36 soal pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t (Independet Sampel T-Test).
Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diajarkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada pembelajaran perekayasaan sistem audio materi pokok penguat daya audio (power amplifier) diperoleh rata-rata nilai sebesar 85,05; (2) hasil belajar siswa kelas kontrol setelah diajarkan model pembelajaran langsung (direct intructional) pada pembelajaran perekayasaan sistem audio materi pokok penguat daya audio (power amplifier) diperoleh rata-rata nilai sebesar 80,14; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran perekayasaan sistem audio materi pokok penguat daya audio (power amplifier) di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel yaitu 3,534 > 2,00 pada taraf sig. 0,05. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SFAE (85,05) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung (80,14)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELEK 021 |
Keywords: | Model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE); Direct instructional; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:06 |
Last Modified: | 02 May 2017 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24412 |