Bukit, Julia Damaris (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DAN KECERDASAN GANDA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Masters thesis, UNIMED.
NIM 061188230055 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM 061188230055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
NIM 061188230055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
NIM 061188230055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
NIM 061188230055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
NIM 061188230055 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
NIM 061188230055 BAB V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
NIM 061188230055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peta konsep terhadap basil belajar biologi, mengetahui pengaruh kecerdasan ganda terhadap basil belajar biologi, dan untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran peta konsep dan kecerdasan ganda siswa terhadap basil belajar biologi siswaPenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 159 orang yang diambil dari 4 kelas XI IA SMA Negeri 2 Kabanjahe. Sedangkan sampel berjumlah 79 orang yang diambil dari 2 kelai dengan menggunakan simple random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kecerdasan ganda untuk mengetahui jenis kecerdasan ganda yang dimiliki oleh siswa. Sebelum tes digunakan untuk menjaring data penelitian guna menguji hipotesis penelitian, terlebih dahulu tes diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes basil belajar. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur. Sebelum ANAVA 2 jalur digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Bartlet.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran peta konsep di awal pelajaran dan di akhir pelajaran memberi pengaruh berbeda terhadap basil belajar Biologi. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 15,20 > F tabel = 3,97 pada taraf signifikan= 0,05. Kecerdasan Intrapersonal dan kecerdasan Interpersonal memberikan pengaruhyang berbeda terhadap basil belajar biologi. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 10,77> F tabel = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran peta konsep dan kecerdasan ganda siswa. Hal ini ditunjukkan oleh F hitting = 105,64 > F tabel = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05. Dengan uji lanjutan menggunakan uji Scheffe dibuktikan bahwa siswa siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran peta konsep di awal pelajaran akan memperoleh basil belajar lebih tinggi dibanding dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran di akhir pelajaran. Sedangkan siswa yang memilild kecerdasan interpersonal memperoleh basil belajar biologi lebih tinggi jika diajar dengan strategi pembelajaran peta konsep di akhir pelajaran dibanding dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran peta konsep di awal pelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 374.071 Buk p |
Keywords: | Peta Konsep; Kecerdasan Ganda; Hasil belajar Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2440 |