Arpfan, Aidil (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMA HARAPAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6103311015 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 6103311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 6103311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 6103311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM. 6103311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 6103311015 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 6103311015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 6103311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
12. NIM. 6103311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
13. NIM. 6103311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dribling dalam permainan sepak bola dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas X SMA Harapan 3 Medan Tahaun Ajaran 2015/2016.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan 3 Medan, waktu penelitian pada tanggal 28 September dan 5 Oktober Tahun 2016. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan Model pembelajaran Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola.
Data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik Dribbling dalam permainan sepak bola masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa.
Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola yaitu sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 12 pria dan 7 wanita (63,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 11 orang siswa terdiri dari 2 pria dan 9 wanita (36,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam melakukan teknik dasar Dribbling dalam permainan sepak bola mencapai (73,33). Pada siklus II yaitu sebanyak 24 orang siswa terdiri dari 12 pria dan 12 wanita (80%) siswa yang tuntas belajarnya, dan 6 orang siswa terdiri dari 2 pria dan 4 wanita (20%) siswa yang tidak tuntas belajarnya, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam melakukan teknik Dribbling dalam permainan sepak bola mencapai (78,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJS 008 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, hasil belajar, Model Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 07:58 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24391 |