Harlita, Widya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA KATOLIK 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123142055 COVER.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
2. NIM 7123142055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
3. NIM 7123142055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4. NIM 7123142055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM 7123142055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM 7123142055 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7123142055 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7123142055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 7123142055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 7123142055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 7123142055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Katolik 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik 2 Kabanjahe yang beralamat di Jl. Kotacane, Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS berjumlah 70 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling sehingga masing-masing kelas diambil seluruh siswa sebagai sampel yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar Akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,3767, sedangkan ttabel sebesar 1,6692 pada tingkat kepercayaan 95% dan α=0,05 sehingga thitung > ttabel (4,3767 > 1,6692) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntasni yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran index card match lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar Akuntansi pada materi persamaan dasar akuntasi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Katolik 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 014 |
Keywords: | Hasil belajar akuntansi; Persamaan dasar akuntansi; Model pembelajaran index card match |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 07:56 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24389 |