Handayani, Lili (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII MTs HAFIZUL IKHSAN AEK PAING T.A.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4103311027 - Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 4103311027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. NIM 41103311027 Abstrack.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM 4103311027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM 4103311027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
7. NIM 4103311027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
8. NIM 4103311027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 4103311027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10. NIM 4103311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
14. NIM 4103311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
15. NIM 4103311027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM 4103311027 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran
berdasarkan masalah dikelas VIII MTs Hafizul Ikhsan Aek Paing T.A. 2016/2017.
Subjek dalam peneliti ini adalah siswa kelas VIII MTs Hafizul Ikhsan Aek Paing
yang berjumlah 26 orang dan objek peneliti ini adalah meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah di
kelas VIII MTs Hafizul Ikhsan Aek Paing. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan
tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan pada setiap akhir siklus, siswa
diberikan tes kemampuan pemecahan masalah.
Dari hasil analisis data tes awal diperoleh peningkatan hasil tes akhir
kemampuan pemecahan masalah. Jumlah siswa yang mempu memecahkan
masalah dari tes awal adalah 4 dari 26 orang siswa (15,38%) dengan rata-rata
kelas 53,8. Hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I
setelah menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah menunjukkan 12
orang siswa (46,15%) yang mampu memcahkan masalah dengan nilai rata-rata
63,78. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa (80,8%) yang
mampu memecahkan masalah dengan nilai rata-rata 75,06. Berdasarkan kriteria
ketuntasan klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan
belajar.
Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penerapan model
pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa pada materi lingkaran dikelas VIII MTs Hafizul Ikhsan
Aek Paing. Saran yang diajukan adalah agar penerapan model pembelajaran
berdasarkan masalah ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang
efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 060 |
Keywords: | Model Pembelajaran, matematika,Lingkaran, Keliling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 03:15 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24364 |