PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN ANTARA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAK LANGSUNG

Mawaddah, Nurul (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN ANTARA YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAK LANGSUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123111056 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123111056 Cover.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123111056 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123111056 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123111056 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123111056 Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123111056 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123111056 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123111056 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123111056 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111056 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111056 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123111056 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123111056 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123111056 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123111056 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123111056 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123111056 BAB I.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123111056 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123111056 BAB V.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123111056 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123111056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kritis matematik siswa, dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan antara yang diajar melalui model pembelajaran realistik dengan model pembelajaran tak langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Dari 7 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII-5 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan model pembelajaran tak langsung yang dijadikan sampel dalam penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes uraian sebanyak 5 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen A diperoleh rata-rata pre-test 29,5 dan simpangan baku pre-test 10,896 sedangkan nilai rata-rata post-test 78,75 dan simpangan baku post-test 9,816. Pada kelas eksperimen B diperoleh nilai rata-rata pretest 24 dan simpangan baku pre-test 11,029 sedangkan nilai rata-rata pos-test 72,65 dan simpangan baku post-test 8,891.
Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t taraf α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 2,908 dan ttabel = 1,994 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematik siswa melalui model pembelajaran realistik dengan model pembelajaran tak langsung di kelas VIII MTs Negeri 3 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 065
Keywords: Model Pembelajaran Realistik, Model Pembelajaran Tak Langsung, Berpikir Kritis Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:59
Last Modified: 28 Apr 2017 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item
View Item