Ulfah, Irmayani Lidia (2017) EFEKTIFITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP N 3 PANYABUNGAN MANDAILING NATAL T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4121111014 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4121111014 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. NIM 4121111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 4121111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM 4121111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM 4121111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 4121111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 4121111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM 4121111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM 4121111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. NIM 4121111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan metakognititf efektif terhadap
kemampuan representasi matematis siswa pada materi SPLDV (Sistem Persamaan
Linier Dua Variabel) di kelas VIII SMP N 3 Panyabungan Mandailing Natal.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3
Panyabungan Mandailing Natal yang terdiri dari 5 kelas. Dua kelas dijadikan
sampel, yaitu kelas VIII-2 yang merupakan kelas eksperimen sebanyak 24 orang
dan kelas VIII-3 yang merupakan kelas kontrol sebanyak 25 orang. Kelas
eksperimen menggunakan pendekatan metakognititf dan pada kelas kontrol
menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang
diperlukan dalam penelitian ini dilakukan test, dengan test essay sebanyak 5 soal
dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan
homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari
populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari
analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test 21,66 dan
simpangan baku pre-test 10,901 sedangkan nilai rata-rata post-test 76,75 dan
simpangan baku post-test 9,51. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest
18,60 dan simpangan baku pre-test 11,503 sedangkan nilai rata-rata pos-test 67,20
dan simpangan baku post-test 12,75.
Dari analisa data post-test dengan menggunakan uji-t taraf α = 0,05
diperoleh nilai thitung = 2,93 dan ttabel = 2,01 Sehingga diperoleh thitung > ttabel maka
H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan
representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan metakognitif lebih
baik dari pada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional kelas VIII SMP
N 3 Panyabungan Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 064 |
Keywords: | Pendekatan metakognitif, pembelajaran konvensional, kemampuan representasi matematis siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 02:50 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24356 |