Ezer, Eben (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MENCARI INFORMASI DALAM MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2123111016 Cover.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2 Nim 2123111016 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3 NIM 2123111016 Abstract.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4 NIM 2123111016 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5 NIM 2123111016 Table of Content.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6 NIM 2123111016 Table.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7 NIM 2123111016 Appendices.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 NIM 2123111016 Chapter I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
12 NIM 2123111016 Chapter V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13 NIM 2123111016 References.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan model pembelajaran berbasis mencari informasi dalam menulis laporan hasil observasi siswa kelas X SMA RK Deli Murni Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA RK Deli Murni Bandar Baru sebanyak 125 orang. Sampel diambil secara acak kelas sebanyak 62 orang, 31 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks laporan hasil observasi dalam bentuk tes esay. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,35, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 70,64. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,93, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1% atau dengan df = (N1 + N2) – 2 = 60. Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Ini berarti Ha diterima jika ttabel < thitung > ttabel (2,00 < 3,93 > 2,65) maka hipotesis alternatif diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis mencari informasi lebih baik daripada model pembelajaran konvesional terhadap kemampuan menulis laporan hasil observasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 033 |
Keywords: | Informasi; Menulis; Observasi; Laporan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 09:06 |
Last Modified: | 27 Apr 2017 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24339 |