Nasution, Tuty Alawiyah (2017) PENGARUH PERMAINAN KARTU HURUF TERHADAP PENGENALAN BENTUK HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
03. ABSTRAK TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
05. DAFTAR ISI TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
09. BAB I TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. BAB V TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA TUTY ALAWIYAH ( NIM 1133313011).pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di kelompok B dalam mengenal bentuk huruf abjad belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kartu huruf terhadap pengenalan bentuk huruf pada anak kelompok B di Tk Salsa Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki krakteristik yang sama yaitu kelas B I dan B II. Penentuan kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah satu setiap kelas sebanyak B I 27 anak dan B II 28 anak. variabel bebas adalah permainan kartu huruf, sedangkan variabel terkait pengenalan bentuk huruf pada anak usia 5-6 tahun. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji t. Observasi dilakukan dengan pedoman observasi yang telah disediakan dengan taraf nyata α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 84,71 dengan nilai tertinggi 121 dan nilai terendah 49, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 48,51 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 25, sehingga perkembangan kognitif anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf nyata α=0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,487 > 1,688. Dengan demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari permainan kartu huruf terhadap pengenalan bentuk huruf pada anak usia 5-6 tahun di Tk Salsa Kecamatan Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 014 |
Keywords: | Pengenalan bentuk huruf; Anak usia dini; Permainan kartu huruf; Permainan puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 08:31 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24313 |