Sihite, Sri Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111042_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 1131111042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 1131111042_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1131111042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 1131111042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM. 1131111042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 1131111042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM. 1131111042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM. 1131111042_BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 1131111042_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM. 1131111042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan tindakan kelas ini adalah seluruh anak kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok gaya. Berdasarkan analisis yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada tes awal diperoleh sebanyak 4 orang siswa (16,67%) yang tuntas dan 20 Orang siswa (83,33%) yang belum tuntas. setelah dilakukan silklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar yaitu 15 orang (62,5%) yang tuntas dan 9 orang (37,5) yang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 22 orang siswa (91,7%) yang tuntas dan 2 orang siswa (8,3%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pada observasi kegiatan siswa siklus I nilai yang diperoleh adalah pada pertemuan I dengan nilai 57,5 (Cukup), dan pertemuan ke II dengan nilai 65 (cukup). Sedangkan pada siklus II observasi kegiatan siswa nilai yang diperoleh adalah pada pertemuan I dengan nilai 75 (baik), dan pertemuan ke II dengan nilai 92,5(sangat baik). Pada observasi ini kegiatan guru yang telah dilaksanakan pada siklus I nilai yang diperoleh adalah pertemuan I dengan nilai 50 (cukup) dan pertemuan II dengan nilai 71 (baik). Sedangkan pada siklus II hasil observasi kegiatan guru diperoleh nilai adalah pada pertemuan I dengan nilai 75 (baik) dan pertemuan II dengan nilai 98 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model Index Card Match pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Oleh karena itu, model pembelajaran index card match dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 090 |
Keywords: | Model pembelajaran index card math; Hasil belajar; PTK |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:31 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24280 |