Sitotus, Deri Ari Pramanda (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN BERANGKAI 4 POS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 6122111003 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. NIM. 6122111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
03. NIM. 6122111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
04. NIM. 6122111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
05. NIM. 6122111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
06. NIM. 6122111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
07. NIM. 6122111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 6122111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM. 6122111003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
13. NIM. 6122111003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 6122111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui permainan berangkai 4 pos pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan, yang berjumlah 40 orang diantaranya terdiri dari 22 siswa putra dan 18 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lari sprint masih rendah yaitu 17 siswa (42,05%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (57,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Lari Sprint melalui permainan berangkai 4 pos. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 28 siswa (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (30%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 81,64. Pada siklus II hasil belajar Lari Sprint yaitu 35 siswa (87,05%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6 dan persentase kenaikan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 %. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal adalah 85% dan KKM 70.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui permainan berangkai 4 pos dapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 009 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 08:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24258 |