UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN BERANGKAI 4 POS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sitotus, Deri Ari Pramanda (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN BERANGKAI 4 POS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 6122111003 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 6122111003 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 6122111003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 6122111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 6122111003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 6122111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 6122111003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 6122111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 6122111003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 6122111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 6122111003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 6122111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 6122111003 TABLES.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 6122111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 6122111003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 6122111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 6122111003 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 6122111003 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6122111003 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6122111003 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6122111003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6122111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui permainan berangkai 4 pos pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan, yang berjumlah 40 orang diantaranya terdiri dari 22 siswa putra dan 18 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lari sprint masih rendah yaitu 17 siswa (42,05%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (57,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Lari Sprint melalui permainan berangkai 4 pos. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 28 siswa (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa (30%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 81,64. Pada siklus II hasil belajar Lari Sprint yaitu 35 siswa (87,05%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,05%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6 dan persentase kenaikan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 %. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal adalah 85% dan KKM 70.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa melalui permainan berangkai 4 pos dapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 009
Keywords: Pendidikan Jasmani, Atletik, Lari Sprint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:00
Last Modified: 25 Apr 2017 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24258

Actions (login required)

View Item
View Item