UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEMANFAATKAN MEDIA MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2016/2017

Juliansyah, Ridhoan (2017) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEMANFAATKAN MEDIA MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 6123111076 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 6123111076 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 6123111076 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 6123111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 6123111076 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 6123111076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 6123111076 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 6123111076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 6123111076 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 6123111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 6123111076 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 6123111076 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 6123111076 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 6123111076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 6123111076 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 6123111076 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6123111076 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6123111076 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6123111076 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6123111076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan
efektivitas belajar lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar inklusi
dan memanfaatkan media modifikasi alat pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1
Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017, waktu penelitian dilaksanakan
pada bulan Februari 2017 dengan jumlah siswa 32 orang .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen
penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gtaya mengajar inklusi
dan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan efektivitas belajar lempar
cakram siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017.
Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I
nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,39 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test
siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,59 (tuntas). Persentase ketuntasan
belajar siswa pada test awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi
56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai
87,5%. peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 %
dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya
mengajar inklusi dan memanfaatkan media modifikasi alat meningkatkan
efektivitas belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang
Kuis Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2017 PJKR 052
Keywords: Pendidikan Jasmani, Atlitik, Lempar Cakram
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:37
Last Modified: 25 Apr 2017 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24254

Actions (login required)

View Item
View Item