Juliansyah, Ridhoan (2017) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEMANFAATKAN MEDIA MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 6123111076 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
02. NIM. 6123111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM. 6123111076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
04. NIM. 6123111076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
05. NIM. 6123111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
06. NIM. 6123111076 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
07. NIM. 6123111076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
09. NIM. 6123111076 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM. 6123111076 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
14. NIM. 6123111076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan
efektivitas belajar lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar inklusi
dan memanfaatkan media modifikasi alat pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1
Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017, waktu penelitian dilaksanakan
pada bulan Februari 2017 dengan jumlah siswa 32 orang .
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen
penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gtaya mengajar inklusi
dan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan efektivitas belajar lempar
cakram siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017.
Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I
nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,39 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test
siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,59 (tuntas). Persentase ketuntasan
belajar siswa pada test awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi
56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai
87,5%. peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 %
dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya
mengajar inklusi dan memanfaatkan media modifikasi alat meningkatkan
efektivitas belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang
Kuis Tahun Ajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 PJKR 052 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atlitik, Lempar Cakram |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:37 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24254 |